HALBAR  

Ratusan Warga Toniku Nyatakan Pindah ke Tidore

Warga Desa Toniku, Kecamatan Jailolo Selatan || Foto : istimewa

BORERO.ID HALBAR –  Ratusan Kepala Keluarga (KK) dari Desa Toniku, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) menyatakan sikap pindah domisili ke Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

Hal  itu dipicu tidak mendapat hak politik secara netral pada Pemilu 2024 kemarin, serta tidak mendapat perhatian oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Halbar.

Warga Desa Toniku, Abdullah A. Sanggiok, kepada wartawan mengaku, kurang lebih sebanyak 150 KK menyatakan sikap pindah ke Kota Tidore. Ia menegaskan apapun yang terjadi mereka tetap pindah.

“Kami warga Desa Toniku  merupakan sebuah desa memiliki entitas sosial yang beragam, dan mempunyai  cerita panjang sejarah  yang menyakitkan selama berada dalam wilayah administratif pemerintahan halbar ” katanya, Senin (18/3/2024).

Selain itu kebijakan pembangunan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat selama ini tidak merata. Begitu pula dengan konspirasi Politik kekuasaan  dan penyelenggara pemilu  di Halbar ( KPU dan Bawaslu), tidak netral, curang dan brutal   terhadap hak-hak politik yang diberikan masyarakat Desa Toniku.

” Untuk itu, kami 150 KK mengajukan  permohonan pengantar pindah penduduk secara kolektif ke Kota Tidore,” tandas Abdullah. (Iin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *