TIDORE  

Sabet Prestasi Kota Tidore Kepulauan Raih Juara 1 Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2024

BORERO.ID, TIDORE – Kembali menyabet prestasi, Kualitas Dokumen Perencanaan Pembangunan Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 menjadi yang terbaik juara 1 kategori Kota menggungguli Kota Ternate. Capaian ini menambah deretan prestasi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan di penghujung masa kepemimpinan dua periode Walikota Capt H. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Muhammad Sinen.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024 tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, saat menghadiri pembukaan Musrenbang Provinsi Maluku Utara dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Maluku Utara Tahun 2025 yang digelar Selasa (30/4) di Sahid Bella Hotel Ternate.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo saat ditemui di ruang kerjanya Jum’at (3/5/2024) menyampaikan terima kasih kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (BAPPERIDA) Kota Tidore Kepulauan beserta jajaran, yang telah bekerja keras sehingga Kota Tidore Kepulauan bisa mendapatkan Kualitas Dokumen Perencaaan Pembangunan Daerah Terbaik di Provinsi Maluku Utara kategori Kota.

“Atas capaian terbaik Kota Tidore Kepulauan pada penilaian kualitas perencanaan pembangunan ini, saya ucapkan apresiasi dan terima kasih Kepala Bapprida dan jajannya, saya harap kedepannya lebih baik lagi dari hari ini, saya juga mengharapkan agar terkait dengan proses Musrenbang dilakukan sebaik mungkin, sehingga Kota Tidore Kepulauan kedepannya menjadi contoh bagi Kabupaten/Kota yang lain di Provinsi Maluku Utara,” Tutur Ismail.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (BAPPERIDA) Kota Tidore Kepulauan, Saiful Bahri Latif saat dikonfirmasi mengatakan, setiap tahunnya Pemerintah Provinsi Maluku Utara melakukan penilaian terhadap kualitas perencanaan dari masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di Maluku Utara.

“Penilaian itu dilakukan dalam bentuk penyampaian data-data dasar terkait perencanaan, kemudian nanti dinilai, lalu diminta untuk mempresentasikan apa yang sudah disampaikan di hadapan tim penguji, tim penguji independen berasal dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Maluku Utara, merekalah yang akan menilai sejauh mana kualitas dari sistem perencanaan yang sudah dilakukan oleh masing-masing Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota,” Jelas Saiful.

Saiful menambahkan, “Alhamdulillah, di Tahun 2023 kemarin dokumen perencanaan Kota Tidore Kepulauan yang kita sampaikan, dinilai terbaik dibandingkan dengan Kota Ternate, karena sebelumnya, selalu Kota Ternate yang terbaik, ini juga bukan penghargaan yang pertama, tapi kali kedua Pemerintah Kota Tidore mendapatkan penghargaan ini, karena di tahun 2022 kemarin Kota Tidore mendapat peringkat kedua, kali ini Kota Tidore menggungguli Kota Ternate,” Imbuh Saiful.

Saiful juga berharap, “dengan sistem perencanaan yang baik, insyaAllah pembangunan Kota Tidore Kepulauan bisa lebih efektif dan efisien, sehingga bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Kota Tidore Kepulauan,” Pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *