Sosialisasi Penerapan IKD, Begini Target Dukcapil Kota Ternate

Kantor Dukcapil Kota Ternate/Plt Kadis, Hilman Silwane || Foto desain : borero.id

BORERO.ID TERNATE — Guna mempermudah dan meningkatkan pelayanan pengurusan KTP elektronik ke masyarakat sesuai program inovasi salam 5 menit membuat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate menggelar sosialisasi.

Kali ini, sosialisasi itu menyangkut penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) yang dipusatkan di Kampus Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU), 16 November 2023.

Plt Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kota Ternate didampingi Kepala Biro Administrasi Umum UMMU, turut memberikan materi sosialisasi terkait IKD, manfaat, fungsi, serta penggunaannya dalam layanan administrasi kependudukan. Kegiatan ini berlangsung di aula Rektorat UMMU diikuti kurang lebih 40 orang peserta terdiri dari dosen dan tenaga  pendidik di Civitas Akademika UMMU.

Dalam kesempatan itu, Kapala Biro Administrasi Umum UMMU, Ardan Yusup, sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap sinergi antara Dukcapil Kota Ternate dan Civitas Akademika UMMU tetap terjaga.

Di akhir kegiatan sosialisasi, selanjutnya dilakukan aktivasi Identitias Kependudukan Digital bagi peserta yang belum memiliki IKD. ” Tim teknis kami ketika mengaktivasi sebanyak 20 IKD Ternate, dan 2 IKD dari daerah luar Ternate,” kata Plt Kadis Dukcapil Kota Ternate, Hilman Silwane.

Foto bersama usai kegiatan sosialisasi penerpan IKD yang berlangsung aula rektorat UMMU || Foto : borero.id

Baca jugaDukcapil Ternate Percepat Layanan KTP dengan Salam 5 Menit

Menurut Hilman, adanya kegiatan tersebut pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Civitas Akademika UMMU terutama kepada Rektor UMMU yang telah memfasilitasi kegiatan sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Hilman berharap, sosialisasi penerapan IKD ini dapat diteruskan para peserta kepada keluarga, rekan, dan kenalan terutama kepada para mahasiswa yang lain. Denggan cara demikian, maka semakin banyak warga Kota Ternate akan memiliki IKD.

” Kami juga menargetkan melaksanakan kegiatan serupa di seluruh Universitas Negeri maupun Swasta yang ada di Kota Ternate sampai akhir 2023 nanti,” tandasnya. (*)

Penulis : Haerun

Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *