Tiga Petinju Lolos Pra PON, Kekuatan Pertina Malut Bertambah ke PON Aceh

Tiga petinju lolos ke PON Aceh-Semut/ketua umum pertina malut, Nasri Abubakar || Foto desain : borero.id

BORERO SPORTTiga petinju berhasil mengamankan tiket ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, setelah bertanding di ajang Pra PON ke-II yang berlangsung saat ini di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tiga petinju itu adalah Pherneel Tahumil bertanding dikelas kg kategori putra, kemudian Gianlugi Kalaipupin, bertanding dikelas 63,5 kg kategori putra, serta Jurian Maulana, bertanding di kelas 52 kg kategori putri. Ketiga petinju berbakat dibawah asuhan Persatuan Tinju Amatir Indonesia Maluku Utara ( Pertina Malut) ini dinyatakan lolos ke PON Aceh-Semut, karena berhasil melangkah ke babak semi final Pra PON ke-II.

Lolosnya tiga petinju tersebut, secara otomatis menambah kekuatan atlet tinju menjadi 6 petinju untuk menuju ke PON XXI Aceh-Sumut 2024. Karena sebelumnya, tiga atlet dari Pengurus Provinsi Pertina Malut lebih duluan mengamankan tiket ke  PON saat mengekuti Pra PON pertama di Makasar. Mereka adalah petinju putri Stevani Malaor, petinju putra  M. Aimar Kopong, dan M. Reza Midun.

“ Tadi siang, hasil pertandingan tiga atlet kita yakni Pherneel, Gianlugi, dan Jurian, berhasil  melangkah ke babak semi final. Otomatis mereka telah mendapatkan tiket ke PON. Jadi totalnya sebanyak 6 petinju akan ke PON Aceh-Semut 2024 sesuai target Pertina Malut,” kata Ketua Umum Pertina Malut, Nasri Abukabar kepada media ini, Rabu (25/10/2023) malam.

Menurut Nasri, keberhasilan tiga petinju ini yang berjuang keras diatas ring secara maksimal sampai mendapatkan tike ke PON tersebut karena tidak terlepas doa dan dukungan masyarakat Maluku Utara beserta para pelatih.  “Sebagai ketua Pertina Malut, tentu setiap atlet kalau bertading saya selalu berharap ada doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Malut. Dan Alhamdulillah apa yang ditargetkan dapat tercapai untuk ke PON Aceh,” ujar Nasri.

Flayer 6 petinju yang diumumkan ke PON Aceh-Semut/ketum pertina malut || Foto : flayer pertina malut/borero.id

Seperti diketahui bahwa, sejumlah atlet terbaik dibawa Pertina Malut mengekuti kualifikasi atau Pra PON ke-II di Nusa Tenggara Timur yang dipertandingkan sejak 22 Oktober 2023 kemarin. Hanya saja, tiga petinju mampu menyelesaikan setiap pertandingan, kemudian melangkah ke babak 8 besar yang dipertandingkan sejak hari Selasa dan Rabu.

Dari babak 8 besar tersebut, rupanya spirit bertanding demi mengamankan tiket PON XXI Aceh-Sumut 2024 sehingga menaklukan lawan mereka diselesaikan dengan baik.  Dimana petinju Pherneel Tahumil, bermain dikelas 48 kg Putra lebih dulaun mengunci satu tiket ke PON, setelah berhasil menaklukkan lawannya, Welem Matinaho asal Provinsi Maluku.

Kemudian disusul petinju putri Jurian Maulana yang bertanding di kelas 52 kg,  juga berhasil menaklukan lawannya Aisyah Al Jufri dari Provinsi Jawa Tengah. Dan terakhir Gianlugi Kalaipupin, bertanding dikelas 63,5 kg kategori putra, berhasil memenang duel sengit dengan lawannya, Benitus Rumapasal dari Provinsi Banten. (*)

Penulis* : dnx

Editor : Sandin Ar