TIDORE  

Wawali Tikep Hadiri Penerimaan Mahasiswa KKN Universitas Nuku

BORERO.ID, TIDORE – Kegiatan Penerimaan dan Penyerahan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Nuku Kota Tidore Kepulauan di hadiri langsung oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Senen, Kegiatan tersebut berlokasi di Desa Maitara Tengah, Rabu, (08/05/24).

Dalam Kesempatan tersebut Muhammad Sinen mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan mengucapkan Selamat datang kepada mahasiswa peserta KKN Universitas Nuku.

“Mudah-mudahan adik-adik mahasiswa peserta KKN dapat menikmati suasana dan keramah-tamahan masyarakat Pulau Maitara serta dapat melaksanakan tugas KKN dengan aman hingga selesai nanti,” ujarnya.

Muhammad Senen yang juga Alumni Universitas Nuku Tidore ini juga mengaku, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sangat mendukung program KKN ini yang merupakan salah satu dari Tridarma Perguruan Tinggi yaitu Darma Pengabdian Kepada Masyarakat. “

“Besar harapan kami dari pelaksanaan program KKN Universitas Nuku, selain menjalin silaturahmi antar mahasiswa dan masyarakat di Pulau Maitara, kegiatan ini juga diharapkan memberikan dampak positif dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan, menumbuhkan motivasi masyarakat desa, mengembangkan sifat kepemiminan mahasiswa, serta mengembangkan karakter dan nilai-nilai kebersamaan serta rasa tanggung jawab,” katanya.

“Dalam pelaksanaan KKN, adik-adik mahasiswa tentu memiliki wawasan yang baik terkait pemecahan masalah yang kompleks. Peserta KKN dapat melihat persoalan di dalam masyarakat dengan menerapkan multidisipliner untuk memecahakan masalah, pengalaman ini menjadi bekal yang baik ketika anda menjadi pemimpin kelak. Saya juga sangat mengharapkan penyelenggaraan KKN ini menjadi media yang Strategis dalam menyemai benih-benih kebhinekaan Indonesia dan nilai-nilai ideologi Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

Orang nomor dua di Kota Tidore ini berpesan agar mahasiswa KKN dapat membantu mengembangkan Desa Maitara dengan kemampuan dan kreatifitas. Selain itu, pria yang akrab disapa Ayah Erik ini meminta peserta KKN ikut mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Desa Maitara sebagai salah satu potensi Wisata di Maluku Utara.

“Saya berharap pelaksanaan KKN yang dilaksanakan di Pulau Maitara ini dapat berjalan dengan lancar dan aman sampai dengan penarikan kembali nanti,” pintahnya.

Sementara Rektor Universitas Nuku Tidore, Idris Sudin, dalam sambutanya mengucapakan ucapan terima kasih atas penyambuta mahasiswa KKN Desa Maitara.

“Saya juga sangat terharu di sambut oleh kepala Desa dan juga masyarakat sepulau maitara,” ucapnya.

Ia bilang, muda-mudahan dengan sentuhan kasi sayang dari masyarakat dapat meretas masa depan dikemudian hari.

Rektor juga mengaku bangga dengan penyambutan masyarakat yang tidak keluar dari bingkai Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan.

“Yang menerimah atas nama pemerintah Kota Tidore karena Wakil Walikota ini adalah alumni. Muda-mudahan hubungan terkait dengan adik-kaka, senior-junior yang luar biasa ini tidak diragukan lagi,” tandasnya.

Ketua LP2M Indra Altaran dalam sambutanya mengatakan, tujuan pelaksanaan KKN ini adalah untuk melatih mahasiswa melaksanakan atau mengamalakan pengetahuandalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat, serta memupuk jiwa pengabdian mahasiswa dalam memanfaatkan pengetahuan untuk pembangunan bangsa dan negara melalui wilayah setingkat dukungan, Desa atau Kelurahan.

“Olehnya itu, bentuk KKN yang dilaksanakan di Universitas Nuku tahun ini terdiri atas dua bentuk, yaitu KKN tematik bernasis unit kerja yang diikuti oleh 13 peserta, dan KKN reguler yang berpenempatan di empat Desa Pulau Maitara, dengan rincian masing-masing Desa berjumlah 17 orang, dan khusus desa Maitara Utara berjumlah 16 orang mahasiswa. Untuk masa pelaksanaan KKN ini selama 45 hari di mulai dari tanggal 8 Mei sampai 21 Juni 2024,” tandasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *