HALBAR  

Musrembang RPJPD Digelar, Ini Komitmen Pemda Halbar

Museranbang yang dibuka wakil Bupati Halbar Djufri Muhammad ditandai dengan pemukulan gong || Foto :: Iin Afriyanti

BORERO.ID HALBAR – Musyawarah Perencanan Pembangungan (Musrenbang) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 di Kabupaten Halmahera Barat resmi digelar.

Musrenbang bertema,“Mewujudkan Halmahera Barat sebagai Daerah Agropolitan yang maju, mandiri, adil, sejahtera dan religius ” ini dibuka langsung wakil Bupati Halbar Djufri Muhammad ditandai dengan pemukulan gong, di Aula Kantor Bupati, Selasa (19/03/2024).

Wakil Bupati dalam sambutannya mengatakan Musrenbang ini difokuskan untuk mengidentifikasi prioritas pembangunan yang menjadi pijakan utama dalam RPJPD tahun 2025-2045. “kita harus memastikan bahwa setiap keputusan yang diambil didasarkan pada data yang akurat, aspirasi masyarakat yang autentik, dan kepentingan bersama untuk kemajuan daerah” katanya.

Djufri menegaskan, Pemda Kabupaten Halbar berkomitmen untuk menjaga transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi publik dalam seluruh proses pembangunan. “Saya berharap Musrenbang ini akan menjadi wadah yang efektif bagi kita semua untuk berdiskusi, berkolaborasi, dan merumuskan solusi–solusi inovatif untuk tantangan masa depan,”ujarnya.

Baca jugaAgropolitan Didorong ke RPJPD untuk Pilkada Halbar

Sementara Kepala BappedaJulius Marau, mengatakan kegiatan musrenbang tersebut, bertujuan untuk menyerap kembali aspirasi melalui visi misi, arah kebijakan dan isu-isu strategis. “Hal ini sangat mempengaruhi kita dalam meletakan pondasi didalam dokumen perencanaan,”ungkpanya

Julius menambahkan, dari aspek pemanfaatan penyusunan RJPD dapat memberikan konstribusi terhadap pelaksanaan Pilkada nanti, penyusunan visi-misi kepala daerah menggunakan RJPD tersebut. Olehnya itu, sebelum bulan agustus akan diserahkan ke KPU. “Karena di tahun 2025 kepala daerah yang terpilih nanti akan digunakan untuk menyusun RPJMD program lima tahun kedepan”, tandasnya. (Iin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *