HALBAR  

Siaga Gunung Ibu, Lokasi Pengungsi Gam Ici Lebih Aman

Tenda pengungsi dan posko darurat saat didirikan di Desa Gam Ici

BORERO.ID HALBAR– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halbar telah mendirikan tenda pengungsian dan posko darurat di Desa Gam Ici, Kecamatan Ibu. Mengingat status gunung Ibu saat ini naik level III atau siaga.

Desa Gam Ici dipilih untuk mendirikan tenda pengungsian dan posko darurat karena dianggap lebih aman.“ Lokasi di Desa Gam Ici lebih aman jika warga dievakuasi dari sekitar lereng gunung api,” kata Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhammad, Sabtu (12/5/2024).

“Untuk titik evakuasi sudah disiapkan, tim juga sudah turun ke beberapa Desa untuk memberikan informasi peningkatan aktivitas gunung Ibu,” sambungnya.

Sejauh ini, Pemkab Halbar melalui BPBD dan stakeholder terkait telah melakukan langkah-langkah seperti membagikan masker kepada warga.

“Dari pihak TNI Dandim Kodim 1501 Ternate dan pihak BNPB telah melakukan pembagian masker, walaupun akibat dan letupan itu cepat besar, tetapi karena anginnya bertiup ke arah Timur maka dampak abunya masih sangat kecil di beberapa desa,” kata Djufri .

Kendati, sampai saat ini warga di beberapa Desa belum ada proses evakuasi meski status gunung Ibu siaga III.

Baja jugaStatus Siaga Gunung Ibu Kembali Erupsi, Pemda Antisipasi Warga

“ Warga sudah diingatkan apabila terjadi peningkatan status yang lebih besar maka kami lakukan evakuasi ke tempat yang lebih aman,” jelasnya.

“ Kami juga tetap himbau kepada masyarakat terutama di sekitar gunung agar tingkatkan kewaspadaan dan ikhtiar, kemudian jangan dulu melakukan aktivitas di sekitar gunung api Ibu dengan radius 3 sampai 5 km dari gunung api tersebut,” imbuh Djufri. (*) 

Penulis: Iin Afriyanti*Editor: Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *