HALBAR  

Prioritas 20 Persen Dana Desa ke Dana Ketahanan Pangan di Halbar

Foto : Ilustrasi

BORERO.ID HALBAR–Sebanyak 20 persen Dana Desa (DD) di Kabupaten Halmahera  Barat (Halbar) harus tepat sasaran terutama dana ketahanan pangan yang perlu diprioritaskan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Halbar, Sonny Balatjai, mengatakan realisasi dana Desa tahap dua dari 169 Desa telah mencairkan dana 140 lebih, tersisa 20 Desa. ” Itupun sudah tahapan pencairan. Jadi dari keseluruhan DD 123 miliar untuk tahap duanya sudah cair untuk 140 Desa lebih,” kata Sonny, pekan kemarin.

Ia menegaskan, tahapan pencairan tahap dua  itu pihaknya secara tegas terkait pelaporan tahap satu, terutama penggunaan dana pangan 20 persen. Selain itu pelaporan terkait stunting, rumah tidak layak huni, jika diprogramkan oleh Desa maka harus dievaluasi dalam pengelolaan tahap dua. Sebab menurut Sonny, hal tersebut menjadi syarat mutlak. ” Mudah-mudahan masuk tahap dua itu,desa-desa bisa mempergunakan dana desa sesuai peruntukan sebagaimana prioritas yang diatur lewat Permendes nomor 8,” ujarnnya.

Menurut Kadis DPMPD ini program yang diprioritaskan untuk Desa bertujuan  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat lewat program yang disinkronisasi dengan dana Desa itu sendiri. ” Teristimewa penggunaan dana pangan 20 persen itu memang betul-betul diatur sebagaimana Permendes nomor 82 tahun 2021 2022 tentang penggunaan dana ketahanan pangan Desa,” tutur dia.

Baca juga : Kemendes PDTT Cek Dana Desa di Kabupaten Halbar

Demi memperkuat program tersebut, Sonny menambahkan bahwa, pihaknya saat ini menggagas bersama seluruh Kepala Desa terkait belum miliki BumDes sehingga segara dibentuk, dan sebaliknya yang sudah mempunyai BumDes segera dilatih. Karena Desa tanpa BumDes tidak akan berjalan dengan baik. Sonny kembali menambahkan, sejuah ini sudah terdapat 41 Bumdes di Kabupaten Halbar yang sudah terverifikasi ke Kemendes. Disamping itu, juga telah disiapkan sebanyak 47 BumDes untuk diverifikasi.

“Target kami dibulan Agustus ini kalau bisa 84 BumDes bisa terverifikasi, dan itu diwajibkan bagi setiap Desa.  Semoga semua berjalan lancar baik peningkatan ketahanan pangan melalui DD dan BumDes itu sendiri,” kata Sonny. (*)

Penulis : Iin Afriyanti

Editor : Sandin Ar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *